Minggu, 21 Juni 2020

DISKUSI LINTAS KEILMUAN KOMUNITAS BALITARA DI BLITAR


Oleh: Arif Muzayin Shofwan

Ini merupakan sebuah catatan diskusi lintas keilmuan Komunitas BALITARA Blitar, di antaranya: ilmu perkerisan, kejawen, sejarah, sosial budaya, keagamaan, spiritual, tulis-menulis, dan ilmu-ilmu lainnya”. (Shofwan, 2020)


          Ada beragam tradisi Komunitas BALITARA Blitar manakala mengadakan beragam pacangkrukan dan patembayatan, di antaranya adalah diskusi tentang lintas keilmuan yang mencakup beberapa keilmuan, di antaranya: ilmu perkerisan, pertanian, holtikultural, kejawen, sejarah, sosial budaya, keagamaan, spiritual, tasawuf, ketauhidan, keorganisasian, tulis-menulis, keprofesian, ilmu kehidupan, ketrampilan, perpijatan, komunikasi, IT, bangunan, dan ilmu-ilmu lainnya. Beragam sumber daya manusia (SDM) Komunitas BALITARA memang teramat disayangkan apabila tidak disharingkan dengan beragam warga komunitas yang ada.

          Terkait diskusi lintas keilmuan yang ada, tampak beberapa orang yang nge-soul (menjiwai) pada bidang masing-masing, antara lain:

1.    Bidang ilmu perkerisan, biasanya disampaikan oleh Gus Bowo (Ki Ageng Lintang Pusaka), Mbah Jawoko, Gus Doni (Ki Ageng Tapel Wates), Gus Argo, Gus Azis, Pakdhe Topeng, dan lainnya.
2.    Bidang sosial budaya dan sosial keagamaan, biasanya disampaikan oleh Gus Yani, Mas Agus Riyadi (Ki Ageng Brindil), Gus Okky, Gus Wildy, Gus Adi, dan saya sendiri.
3.    Bidang ilmu kejawen dan spiritual, biasanya disampaikan oleh beberapa orang di antaranya: Mbah Jawoko, Ki Ageng Tapel Wates, dan lainnya.
4.    Bidang pertanian dan holtikultural, hampir semua warga Komunitas BALITARA sudah pernah kursus pertanian dan holtikultural di Garum-Blitar.
5.    Bidang perpijatan, biasanya disampaikan dan dijelaskan oleh Gus Hasim.
6.    Bidang komunikasi dan IT, biasanya disampaikan oleh Gus Dhimas dan Gus Syafik.
7.    Bidang IT dan bangunan, biasanya disampaikan oleh Gus Fino, Gus Dhimas, Gus Okky, Gus Panji, dan hampir semua pemuda BALITARA.
8.    Bidang ketrampilan dan masakan, biasanya disampaikan Jeng Yuni, Jeng Linda, dan Jeng Nur.
9.    Bidang lainnya, seperti: Gus Akil (bidang komputer & IT), Pakdhe Topeng (bidang perpancingan/perikanan & perkerisan), dan Gus Endra (bidang perdagangan & per-helm-an). 

Tentu saja masih banyak yang ahli dalam bidang masing-masing. Sebab ada beberapa orang yang memiliki keahlian di bidang lain di atas, seperti: Gus David, Gus Kholis, Gus Ilham, Gus Ahmad, Gus Divi Puja, Gus Farry, Gus Septa (bidang perdagangan), dan lainnya. Dari sini ada harapan yang dalam tataran ideal, mudah-mudahan semua keahlian tersebut terangkai dengan baik sehingga akan membawa berkah dan manfaat di kehidupan kini dan mendatang.

Mungkin ini saja catatan harian (cahar) saya. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberkati apa yang saya tulis ini. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pengasih selalu mengasihi semua hamba-Nya. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pengampun selalu mengampuni kesalahan saya dalam menulis catatan harian (cahar) saya ini. Mudah-mudahan kegiatan saya semuanya saja pada hari ini selalu membawa berkah sepanjang zaman, di kehidupan dunia dan akhirat. Amin, amin, amin, Yaa Rabbal Alamiin. Allohu Akbar. Walillahil Hamdu.

 “If you can dream it you can do it”
(Jika kamu dapat bermimpi, kamu dapat melakukannya)

“Sluman, slumun, slamet. Selameto lek ngemongi jiwo rogo”
(Semoga dalam situasi dan kondisi apapun mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan. Yakni, selamat dalam mengasuh jiwa dan raga masing-masing)

Diskusi Komunitas BALITARA di Pesanggrahan Tapel Wates Tlogo, Kanigoro, Blitar (Dokumentasi Balitara, 2020)
Diskusi Komunitas BALITARA di Pesanggrahan Tapel Wates Tlogo, Kanigoro, Blitar (Dokumentasi Balitara, 2020)

Tentang Penulis

Arif Muzayin Shofwan, seorang pria ini beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Pria yang pada tahun 2020 pernah disebut oleh Ki Ageng Tapel Wates dengan sebutan “Ki Waskita” tersebut hingga kini masih tetap memiliki hobi menulis dan membaca. Yakni, menulis apa saja yang dapat dia tulis sesuai kreasi dan inspirasi yang diperolehnya. Begitu juga, membaca apa saja yang dia sukai. Selain itu, dia juga suka berziarah ke berbagai makam para wali, tokoh agung, kyai, syaikh, sunan, dan lain sebagainya. Pria penyuka wedang kopi dan rokok tersebut dapat dihubungi di nomor HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar