Minggu, 26 Februari 2017

MENGAMBIL BORANG EMPAT PRODI FAKULTAS AGAMA ISLAM KE KOPERTAIS SURABAYA DAN PERTEMUAN SETELAHNYA



Selasa, 14 Februari 2017 dan Lainnya

Oleh: Arif Muzayin Shofwan

 “Menulislah, siapa tahu bermanfaat bagi yang membutuhkan.”
(Anonim)

Hari Selasa, 14 Februari 2017, kawan-kawan Tim Pendirian Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, yang dipimpin oleh Bapak Yaoma Tertibi, S.H., mengambil pengajuan proposal borang FAI yang sudah diteliti oleh Kopertais Surabaya, yang kantor sekretariatnya di areal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Saya tidak bisa ikut dalam hal ini, sebab ada Kelompok Kerja Guru (KKG) di sekolah saya. Dan dalam KKG tersebut, saya mengganti peran Bapak Muhammad Khudori berperan sebagai pembawa acara atau yang sering disebut dengan “MC” saja. Namun dalam batin saya selalu berdoa, mudah-mudahan kawan-kawan yang dipandegani oleh Bapak Yaoma Tertibi, S.H., selamat pulang dan perginya, sukses dengan membawa pulang borang empat prodi FAI UNU Blitar tanpa banyak revisi. Amin.

Ikut dalam acara mengambil borang tersebut, di antaranya: Winarto, M.Pd.I. (kandidat doktor dari IAIN Tulungagung), Muhammad Choirul Abidin, S.Pd. (kandidat magister dari UINSA), Lussy Ana Anggarani, M.M (magister manajemen UNISKA), Mitakhul Rohman, M.Pd (magister PAI lulusan IAIN Tulungagung), Alfiyah, S.E. (kandidat magister dari Universitas Muhammadiyah Malang), dan lainnya. Kayaknya Pak Muhtarom (pensiunan PNS yang dipekerjakan di KUA) juga ikut dalam acara tersebut. Oya, bahkan mobil yang dipakai juga mobil Pak Muhtarom ini. Sementara selaku driver (sopir/ as-Saiq) dalam perjalanan tersebut adalah Mas Muhammad Choirul Abidin, S.Pd., yang konon akhir-akhir ini selalu menghantar atau nyopiri Prof. Dr. HM. Zainuddin, M.Pd. (Rektor UNU Blitar) pergi. Ada guyonan dari Pak Yaoma: “Wah, Abid sak iki nyopiri Pak Profesor iki. Pangkate mundak. Hehe.”

Sesampai di Surabaya, tampak wajah-wajah ceria dari foto yang dikirim di Group WA FAI UNU Blitar. Semangat dan optimisme mereka memancar pada wajah, tubuh, dan lainnya. Saya komentari pada Group WA tersebut: “Wah, ini wajah-wajah yang selalu optimis.” Lalu dibalas oleh Pak Yaoma: “Ya, harus optimis”. Dan yah, tampak optimis lagi manakala mereka mengambil borang empat prodi di Kopertais Surabaya yang harus direvisi di UNU Blitar. Yah, sesampai di Blitar pula mereka juga tetap optimis merevisi hal-hal yang harus direvisi. Menambah penjelasan ini dan itu, itu dan ini. Saya sangat senang ada SDM-SDM yang demikian optimis walau mohon maaf, “belum dapat bayaran apapun”, namun jiwa LSM, jiwa tirakat mereka memancar dari relung pikiran dan hati yang sangat dalam. Yah, inilah jiwa-jiwa yang patut dicontoh dari kader-kader NU. Walau tanpa dibayar, mereka siap lembur untuk mengerjakan dengan penuh tanggungjawab.

Selanjutnya, sepulang mereka mengambil borang FAI dari Surabaya, kami terus saja mengadakan perbaikan-perbaikan atau revisi-revisi yang disarankan oleh Kopertais Surabaya. Dalam pertemuan kami tertanggal 20 Februari 2017, saya bersama Pak Yaoma Tertibi menghadap Prof. Dr. HM. Zainuddin, M.Pd (Rektor UNU Blitar) yang intinya ingin mendirikan berbagai pusat studi/kajian di UNU Blitar. Hingga akhirnya, ada pertemuan dengan Dr. Dimyathi Huda, M.Ag., pada tanggal 26 Februari di “Lesehan Dados” membicarakan tiga pusat studi yang hendak digarap. Hadir di tempat lesehan “Dados” tersebut, di antaranya: Dr. Dimyathi Huda, M.Ag., Yaoma Tertibi, S.H., Sholihin, Ryan, Muashomah, dan saya sendiri. Dalam hati saya, mudah-mudahan tujuan dan cita-cita ini terlaksana dengan lancar. Amiin.

Mungkin sampai di sini dulu catatan harian (cahar) saya hari ini. Ada kurang dan lebihnya saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Dengan iringan doa, mudah-mudahan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar yang sudah memiliki jurnal “Briliant” dan telah terbit beberapa kali, akan menjadi lembaga pendidikan yang berkah di kehidupan kini dan mendatang. Dan rencananya, mungkin dalam waktu dekat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar akan memiliki sebuah jurnal internasional yang saat ini sedang digarap oleh Mas Ryan. Mudah-mudahan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar selalu mendapat limpahan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amiin, amiin, amiin. Yaaa Rabbal Alamin.


“If you can dream it you can do it”
(Jika kamu dapat bermimpi, kamu dapat melakukannya)

“Sluman, slumun, slamet. Selameto lek ngemongi jiwo rogo”
(Semoga dalam situasi dan kondisi apapun mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan. Yakni, selamat dalam mengasuh jiwa dan raga masing-masing)

 
Malam Senin, 27 Februari 2017, Mas Abid, Mas Rokhman, Pak Yaoma, dan Saya, nglembur revisi borang FAI UNU Blitar (Dokumen Pribadi, 2017)
 
Malam Senin, 27 Februari 2017, Mas Rokhman, Mas Abid, Pak Yaoma, dan Saya nglembur merevisi borang FAI UNU Blitar. (Dokumen Pribadi, 2017)
 
Kawan-kawan ketika di Surabaya, akan mengambil borang FAI UNU Blitar di Kopertais Surabaya dalam Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
 
Bu Lussy Ana Anggarani, M.M dan Bu Alfiah, S.E saat akan mengambil borang FAI UNU Blitar di Kopertais Surabaya.
 
Bu Lussy Ana Anggarani, MM., Pak Yaoma Tertibi, S.H., Pak Winarto, M.Pd.I., Mas Muhammad Choirul Abidin, S.Pd., Mas Miftakhul Rohman, M.Pd., dan Bu Alfiah, S.E., berfoto di depan Kopertais Surabaya dalam lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
 
Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.Pd (Rektor UNU Blitar), Yaoma Tertibi, S.H (Direktur PUSDEMAS UNU Blitar), Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd, dan Lussy Ana Anggarani, M.M., sedang diskusi revisi borang FAI UNU Blitar sepulangnya dari Kopertais Surabaya.


Tentang Penulis

Arif Muzayin Shofwan, seorang pria yang berbau kuburan, kijing, maesan, kembang boreh, kembang kanthil, kembang kenongo dan segala macam bau-bauan ini beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Pria yang yang sering dipanggil oleh Kyai Muhammad AP dengan sebutan “Ki Gadhung Melathi” atau “Mbah Pasarean” (karena seringnya berkunjung ke pesarean-pesarean untuk mengkaji sejarah tokoh yang dimakamkan) tersebut dapat dihubungi di nomor HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar