Senin, 24 April 2017

BAKTI SOSIAL BERSAMA EHIPASSIKO FAMILY CLUB (EFC) KEPADA ABANG TUKANG BECAK DI SRENGAT-BLITAR



Oleh: Arif Muzayin Shofwan

“Tulislah apapun yang bisa anda tulis, siapa tahu bermanfaat”
(Anonim)

Hari Senin, 24 April 2017, saya ikut aksi sosial berupa pembagian sembako bersama para anggota Ehipassiko Family Club (EFC) kepada para abang becak di daerah Srengat-Blitar. Adalah Ehipassiko Family Club (EFC) merupakan gerakan yang diprakarsai oleh Ehipassiko Foundation dengan visi CINTA KASIH TANPA PILIH KASIH yang diwujudkan melalui misi BAKTI SOSIAL LINTAS AGAMA. Sejak didirikan pada Juli 2012, EFC mengadakan baksos rata-rata 4 kali per minggu di berbagai kota dan desa. Anggota EFC berasal dari segala kalangan, dari anak sampai manula, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Bekal untuk melakukan cinta kasih tersebut banyak didasarkan pada kata-kata para tokoh kedamaian dan cinta kasih dunia. Pandita Sugianto Gandhika yang sering saya panggil “Mas Gi” memberikan buku berjudul “Ehipassiko Family Club Bakti Sosial Lintas Agama” kepada saya. Tersebutlah kata-kata beberapa tokoh dunia dalam buku tersebut, di antaranya:

1.    Dalai Lama, Pemimpin Dharma Tibet menyatakan: “Cinta kasih adalah agama saya.”

2.    Mother Theresa, Misionari Cinta Kasih India menyatakan: “Masalah dunia ini dikarenakan kita menggambar pohon keluarga kita terlalu kecil.”

3.    Mahatma Gandhi, Pejuang Kemanusiaan India menyatakan: “Cinta tidak pernah meminta, cinta selalu memberi.”

4.    Mikhail Gorbachev, Pejuang Perdamaian Dunia Uni Soviet mengatakan: “Perdamaian bukanlah persatuan dalam persamaan, namun persatuan dalam perbedaan.”

5.    Nelson Mandela, Pejuang HAM Afrika Selatan mengatakan: “Tidak ada orang yang lahir dengan membenci orang lain karena warna kulit, asal-usul, atau agamanya.”

6.    Kofi Annan, Sekjen PBB Ghana mengatakan: “Toleransi, dialog antarbudaya, dan rasa hormat terhadap perbedaan, makin dibutuhkan di dunia saat ini.”

7.    KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Bapak Pluralisme Indonesia mengatakan: “Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.”

8.    Mpu Tantular, Pujangga Kerukunan Agama abad XIV Majapahit mengatakan: “Beda tapi satu.”

Selain hal di atas, EFC juga memiliki beberapa slogan sebagai berikut: “Unity in Humanity”, artinya bersatu dalam kemanusiaan; dan “Building Universal Family”, artinya kira-kira membangun keluarga yang universal. Yah, saya sangat berterima kasih kepada semua pihak Ehipassiko Family Club (EFC) di manapun berada. Walau mungkin saya masih belum bisa berdana berupa materi, namun setidaknya saya sangat bahagia telah diberi kesempatan untuk berdana berupa tenaga dan pikiran. Mungkin hanya sampai di sini catatan harian saya kali ini. Ada kurang lebihnya, saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Salam damai dalam kemanusian. Salam sejahtera kepada semua makhluk di bumi.

“Sluman, slumun, slamet. Slameto leh ngemongi jiwa raga”

(Semoga dalam kondisi apapun selalu selamat sejahtera. Selamat dalam merawat lahir dan batin)

Berfoto sebelum melakukan Bhakti Sosial di Srengat-Blitar. Saya berada di tengah (Dokumentasi, 2017)
 
Foto sebelum melakukan bhakti sosial di Srengat-Blitar. Saya berada di tengah (Dokumentasi, 2017)
Pandita Sugianto Gandika plus kedua anaknya dan Cik Meme (Dokumentasi, 2017)
Beberapa foto aksi sosial di Srengat-Blitar yang dijadikan satu oleh Cik Meme. Foto saya berada di pojok paling atas sedang memberikan sembako kepada buruh tani di sebuah gubuk (Dokumentasi, 2017)
Saya difoto oleh Cik Meme di pojok ujung paling atas, sedang membagikan sembako pada abang becak di pasar Tugurante-Blitar (Dokumentasi, 2017)
Saya ikut membagikan sembako kepada abang becak di Srengat (Dokumentasi, 2017)



Tentang Penulis

Arif Muzayin Shofwan merupakan pria kelahiran Blitar, Jawa Timur. Pria tersebut hingga kini tetap menekuni dunianya sebagai pembaca, peneliti, pengamat, dan semacamnya. Lelaki ini seringkali ikut membantu dan bergabung dengan EHIPASSIKO FAMILY CLUB (EFC) BLITAR RAYA. Dia beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09, Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar