Kamis, 18 Juni 2020

KOMUNITAS BALITARA ZIARAH MAKAM MBAH IMAM SOPINGI (RADEN MANGGOLO YUDHO) SANANWETAN KOTA BLITAR


Oleh: Arif Muzayin Shofwan

Ini merupakan catatan ketika sebagian warga Komunitas BALITARA ziarah makam Mbah Imam Sopingi (Raden Manggolo Yudho) Cikal Bakal Sananwetan Kota Blitar, Jawa Timur”. (Shofwan, 2020)


Pada hari Kamis, 18 Juni 2020, sebagian warga Komunitas BALITARA mengadakan ziarah makam Mbah Imam Sopingi (Raden Manggolo Yudho) Sang Cikal Bakal Sananwetan Kota Blitar. Dikisahkan oleh Mbah Said Sananwetan (almarhum) bahwa nama “Imam Sopingi” diperoleh sosok yang cikal-bakal Sananwetan tersebut setelah menunaikan ibadah haji di Makah Al-Mukarromah. Hal ini dikisahkan kepada saya oleh Mbah Said ketika saya silaturahmi ke rumahnya. Selanjutnya, sebagian warga Komunitas BALITARA yang berziarah ke makam Mbah Imam Sopingi (Raden Manggolo Yudho) adalah: Gus Akil, Gus Dhimas, Jeng Yuni, Jeng Linda, dan lainnya.

Dalam buku berjudul “Para Sesepuh Tongkat Estafet Sunan Tembayat” karya Arif Muzayin Shofwan halaman 41 disebutkan bahwa ziarah kubur hukumnya “sunnah” dengan tujuan berkirim doa kepada orang yang sudah meninggal dunia atau bertawassul. Bahkan terutama sekali bertawassul atas kemuliaan dan keshalihannya, bukan kepada orang yang dikubur (mayatnya). Sedangkan doa atau permohonan tetap kepada Allah semata.

Masih dalam buku tersebut dijelaskan bahwa Syaikh Muhyiddin Ibnul Arobi pernah berkata: “Saya pernah melakukan umroh untuk kakekku Nabi Adam dan memerintahkan santri-santriku berbuat demikian. Kemudian di malam itu kami benar-benar mengetahui bahwa semua pintu langit terbuka dan bapakku Nabi Adam berada di situ. Para malaikat tak terhitung jumlahnya naik turun menemui kami membagikan kebahagiaan dan keindahan kepad kami”. Dari perkataan Syaikh Muhyiddin Ibnul Arobi tersebut dapat disimpulkan bahwa kalau seseorang mau berbuat baik, mendoakan kepada para nenek moyangnya, maka dari perbuatan baik itu buahnya akan kembali kepada diri pribadinya orang tersebut.

Masih dikutip dari buku di atas bahwa dalam “Kitab Subulus Salam”, Syaikh Ibnu Hajar Al-Asyqolani menegaskan bahwa ziarah kubur merupakan hikmah bagi orang yang masih hidup, agar mengambil contoh yang baik dari saudara-saudaranya yang telah meninggal dunia. Dijelaskan dalam kitab tersebut bahwa ahli kubur mendengar, melihat, mengetahui, dan membalas salam orang yang berziarah sama seperti menziarahi orang yang masih hidup.

Mungkin ini saja catatan harian (cahar) saya. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberkati apa yang saya tulis ini. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pengasih selalu mengasihi semua hamba-Nya. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pengampun selalu mengampuni kesalahan saya dalam menulis catatan harian (cahar) saya ini. Mudah-mudahan kegiatan saya semuanya saja pada hari ini ketika, selalu membawa berkah sepanjang zaman, di kehidupan dunia dan akhirat. Amin, amin, amin, Yaa Rabbal Alamiin. Allohu Akbar. Walillahil Hamdu.

 “If you can dream it you can do it”
(Jika kamu dapat bermimpi, kamu dapat melakukannya)

“Sluman, slumun, slamet. Selameto lek ngemongi jiwo rogo”
(Semoga dalam situasi dan kondisi apapun mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan. Yakni, selamat dalam mengasuh jiwa dan raga masing-masing)

Jeng Linda, Jeng Yuni, Gus Akil, Gus Dhimas ziarah makam Mbah Imam Sopingi (Raden Manggolo Yudho) Sang Cikal Bakal Sananwetan Kota Blitar (Dokumentasi Balitara, 2020)

Tentang Penulis

Arif Muzayin Shofwan, seorang pria ini beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Pria yang pada tahun 2020 pernah disebut oleh Ki Ageng Tapel Wates dengan sebutan “Ki Waskita” tersebut hingga kini masih tetap memiliki hobi menulis dan membaca. Yakni, menulis apa saja yang dapat dia tulis sesuai kreasi dan inspirasi yang diperolehnya. Begitu juga, membaca apa saja yang dia sukai. Selain itu, dia juga suka berziarah ke berbagai makam para wali, tokoh agung, kyai, syaikh, sunan, dan lain sebagainya. Pria penyuka wedang kopi dan rokok tersebut dapat dihubungi di nomor HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar