Kamis, 18 Oktober 2018

SENI PRAKTIS MEMBERDAYAKAN DIRI


Seni Praktis
MEMBERDAYAKAN DIRI

Oleh
Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.

Kata Pengantar
H. Muhammad Agung Priyokusumo



Dikeluarkan oleh
“KOMUNITAS PECINTA BUMI SPIRITUAL”
Blitar – Jawa Timur



 
 
Judul Buku:
“Seni Praktis Memberdayakan Diri”
Disusun oleh:
Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.

Kata Pengantar
H. Muhammad Agung Priyokusumo
Penyunting: Sulaiman
Penyelaras Akhir: Ahmad Mansuri


Untuk Kalangan Sendiri

Cetakan Pertama, 2018


Dikeluarkan oleh
“KOMUNITAS PECINTA BUMI SIRITUAL”
Blitar – Jawa Timur

 
KATA PENGANTAR DARI H. MUHAMMAD AGUNG PRIYOKUSUMO

Segala puji hanya milik Tuhan sebagai penguasa alam semesta. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, para ahli bait dan sahabatnya. Perlu diketahui bahwa meditasi yang sifatnya ilmiah dan universal sebenarnya dapat digunakan sebagai media memberdayakan diri dalam meraih tujuan-tujuan dan hal-hal yang positif.

Saya menyambut hadirnya buku berjudul “Seni Praktis Memberdayakan Diri” yang disusun oleh Sdr. Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd. ini dengan senang hati. Dengan buku tersebut, saya berharap agar semua yang ikut dalam komunitas meditasi kami dapat memahami tujuan meditasi, sehingga mereka dapat hidup sukses, positif, damai lahir-batin dan terus berkembang.

Saya merekomendasikan buku kepada komunitas meditasi di rumah kami khususnya, agar mereka bisa memberdayakan dirinya sesuai bakat dan minat masing-masing. Sebab pada intinya, meditasi itu sebenarnya untuk menjadikan diri sendiri lebih bermakna. Semakin baik dan semakin lebih baik dalam hal apapun. Oleh karena itu, jadilah menjadi diri Anda sendiri.

Blitar, 27 Juni 2018

 H. Muhammad Agung P.

DAFTAR ISI

Judul Buku ~ 1
Kata Sambutan Dari Mbah Haji Muhammad Agung Priyokusumo ~ 3
Daftar Isi ~ 4
Bab I: Memanfaatkan Alam Bawah Sadar ~ 5
Bab II: Stres Pikiran dan Tubuh Serta Teknik Relaksasi Progresif ~ 13
Bab III: Latihan Pernafasan dengan Kesadaran ~ 14
Bab IV: Teknik Melakukan Meditasi ~ 19
Bab V: Seni Menetapkan Tujuan dan Mengafirmasi Diri ~ 23
Bab VI: Faesdah Medis Tentang Memaafkan ~ 30
Tentang  Penulis - 34


BAB I
MEMANFAATKAN ALAM BAWAH SADAR
Brian Tracy

Saat ini kita memiliki suatu kekuatan sehebat super komputer yang dapat digunakan untuk mengatasi bermacam persoalan, melewati rintangan, dan mewujudkan segenap cita-cita.

Sejak berabad-abad silam, kekuatan ini telah digunakan untuk mengubah nasib manusia dari keadaan buruk menuju kemakmuran, dari kesengsaraan dan ketidakjelasan menuju kesuksesan dan kemasyhuran, dari ketidakbahagiaan dan frustasi menjadi kebahagiaan dan kepuasan diri. Dan kita pun bisa memanfaatkan kekuatan ini.

Kekuatan ini telah digunakan banyak orang di banyak tempat. Inilah prinsip mendasar dari ajaran-ajaran agama, filsafat, dan metafisika. Kekuatan inilah yang menjadi dasar bagi psikologi dan landasan bagi seluruh kesuksesan dan prestasi. Dalam istilah sederhana, kekuatan ini disebut “ALAM BAWAH SADAR”, meski sebutan ini keliru karena yang disebut alam bawah sadar hanyalah sebuah gudang ingatan dari perasaan dan kesan-kesan yang akan bereaksi secara otomatis berdasarkan pengalaman manusia.

Terkadang kekuatan ini juga disebut “ALAM BAWAH SADAR UNIVERSAL” dan “KETIDAKSADARAN KOLEKTIF”. Pendiri madzhab Psikologi Analitis dari Austria, Carl Gustav Jung, menyebutnya “SUPERCONSCIOUS MIND”. Menurut dia, seluruh kebijakan dan pengetahuan kolektif manusia tersimpan dalam SUPERCONSCIOUS MIND ini dan dapat dimanfaatkan oleh siapapun.

Ralp Waldo Emerson menyebutnya “OVERSOUL” dan menyatakan bahwa “Kita hidup dalam rengkuhan kecerdasan yang sangat besar yang ketika hadir, kita menyadari bahwa ia sangat berbeda dengan nalar kemanusiaan kita”. Emerson, seorang transendentalis besar Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa seluruh kekuatan yang dimiliki oleh rata-rata orang berasal dari pemanfaatan pikiran ini secara teratur.

Napoleon Hill, yang boleh jadi adalah peneliti soal kesuksesan terbesar pada abad ke-20, menjuluki kekuatan ini sebagai “INTELEGEN TAK TERBATAS”. Setelah menghabiskan lebih dari dua puluh tahun mewancarai 500 pria dan perempuan paling sukses yang hidup di Amerika Serikat, dia menyimpulkan bahwa kemampuan mereka mengelola inteligen tertinggi ini merupakan faktor utama di balik keberhasilan besar mereka.

Terserah Anda menyebutnya apa, yang jelas kekuatan ini selalu tersedia untuk Anda, untuk semua orang. Saya lebih menyukai istilah “SUPERCONSCIOUS MIND”, pikiran yang berada di atas dan di luar seluruh pikiran atau kecerdasan.

Pikiran bawah sadar merupakan sumber dari seluruh kreativitas murni. Pikiran bawah sadar inilah yang bekerja di saat manusia menciptakan segala sesuatu yang benar-benar baru. Para penemu, penulis, seniman, dan komposer besar dari seluruh zaman telah memanfaatkan pikiran bawah sadar. Setiap karya seni atau kreativitas yang luar biasa diwujudkan dengan bantuan energi alam bawah sadar.

Thomas Alfa Edison menggunakan alam bawah sadar secara teratur sehingga dapat mencetuskan ratusan ide dan penemuan baru, yang di antaranya benar-benar mengubah Amerika Serikat abad ke-20. Yang lebih mutakhir, Bill Gates menemukan sistem untuk komputer generasi awal, yang disebut “MS-DOS”. Ini adalah sistem yang unik dan revolusioner yang ajaibnya dia tulis ketika tengah berada dalam pesawat udara guna bertemu dengan pelanggan pertama mereka. Kini Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia dan itu disebabkan oleh kilasan alam bawah sadar. Bach, Beethoven, dan Brahms secara teratur memanfaatkan pikiran bawah sadar untuk mengubah komposisi musik terbaik mereka.

Kapan pun Anda melihat, membaca, mendengar, atau menghasilkan prestasi besar yang menyentuh kedalaman diri Anda, maka pada saat itulah Anda menyaksikan penciptaan pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar dapat mengakses setiap bagian dari informasi yang tersimpan di dalam ruang sadar dan tak sadar Anda. Kekuatan ini juga dapat mengakses data dan gagasan yang berada di luar pengalaman Anda, karena sebenarnya kekuatan itu berada di luar pikiran mansiawi Anda. Inilah kenapa kekuatan itu dijuluki sebagai bentuk dari INTELEGENSI UNIVERSAL atau INTELEGENSI TAK TERBATAS.

Anda sering mendapatkan gagasan-gagasan yang berasal bukan dari diri Anda sendiri. Kerap terjadi dua orang yang terpisah beribu-ribu mil memiliki ide yang sama dalam waktu yang bersamaan. Ketika Anda cocok dengan orang lain, semisal pasangan atau teman, Anda sering memiliki pikiran yang sama dengan mereka pada saat yang bersamaan, sehingga Anda menemukan bahwa Anda mempunyai kesimpulan yang sama ketika membandingkan catatan Anda dengan milik mereka. Itulah bagaimana PIKIRAN BAWAH SADAR bekerja.

Pikiran bawah sadar mampu memotivasi Anda untuk meraih segenap tujuan Anda. Ketika hendak mewujudkan keinginan, pikiran bawah sadar akan terus-menerus membangkitkan gagasan dan energi untuk menolong Anda. Faktanya, pikiran bawah sadar adalah sebentuk “ENERGI BEBAS”. Energi bebas ini akan muncul sewaktu Anda tertarik atau terilhami untuk menggapai sesuatu yang betul-betul penting bagi diri sendiri. Anda seolah mampu bekerja terus-menerus tanpa kenal lelah. Terkadang Anda bahkan lupa makan atau tidur lebih sedikit dari biasanya. Setelah keinginan terwujud, Anda baru merasa kelelahan, namun ketika Anda tengah bekerja keras untuk mewujudkan keinginan, Anda terlihat seperti tidak mengenal kata lelah, seakan selalu memiliki tenaga dan semangat.

Pikiran bawah sadar secara otomatis dan tak henti-henti mengatasi segala persoalan yang menghadang, dengan catatan ANDA MEMPUNYAI KEINGINAN YANG JELAS. Pikiran bawah sadar juga akan memberi pelajaran dan pengalaman yang dibutuhkan dalam mengejar kesuksesan, dalam bentuk kemunduran, kendala, frustasi, dan kegagalan sementara.

Pikiran bawah sadar juga akan memberi jawaban tepat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah atau mewujudkan keinginan, tepat ketika Anda sudah siap untuk hal itu. Tatkala pikiran bawah sadar memberi firasat atau ilham, ingatlah bahwa hal itu sangat berkaitan dengan waktu. Itu sebabnya, Anda harus lekas-lekas menaggapinya.

Saya sering bergumul dengan persoalan yang tidak mampu saya pecahkan hingga detik terakhir. Tetapi kemudian, tepat ketika saya butuh, saya segera beroleh jawaban. Ini juga dapat terjadi pada diri Anda sewaktu menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar.

Faktor utama untuk memanfaatkan pikiran bawah sadar adalah sikap diri. Pikiran bawah sadar akan dapat bekerja dengan sangat baik tatkala Anda bersikap tenang dan percaya diri. Ketika yakin dan menerima, saat secara percaya diri menerima dan meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri Anda akan menggerakkan Anda mencapai tujuan, pikiran bawah sadar tampak hidup, serupa lampu-lampu yang dihidupkan untuk menerangi ruangan. Itulah mengapa orang-orang sukses tahu betul apa yang mereka inginkan dan amat tenang dan percaya diri berkaitan dengan kemampuan mereka untuk mewujudkannya. Kombinasi sikap seperti ini akan menghidupkan saklar bawah sadar.

Berkat daya alam bawah sadar, Anda dapat memiliki pola pikir yang mantap. Emerson menulis: “PADA SEBAGIAN WAKTU, SEORANG MANUSIA BISA MENJADI SEPERTI YANG DIA PIKIRKAN”. Sementara Earl Nightingale mencatat: “ANDA AKAN MENJADI APA YANG ANDA PIKIRKAN”.

Dan hukum ini merujuk pada kondisi mental, pada pikiran. Tentu saja, tetap ada potensi bahaya dalam memanfaatkan pikiran bawah sadar. Pikiran ini seperti api: PELAYAN YANG BAGUS sekaligus TUAN YANG KEJAM. Apabila Anda menggunakannya dengan tidak benar, dan berpikiran negatif, berpikir tentang hal-hal yang mengerikan, maka pikiran bawah sadar akan menerima pikiran-pikiran Anda sebagai serangkaian perintah dan akan berupaya mewujudkannya.

Apa perbedaan antara orang-orang yang sukses dan orang-orang yang tidak sukses?. Jawabannya sederhana: ORANG SUKSES BERFIKIR DAN BERBICARA TENTANG APA YANG MEREKA INGINKAN, SEMENTARA ORANG YANG TIDAK SUKSES BERBICARA TENTANG APA YANG TIDAK MEREKA INGINKAN.

Berikut ini ada 10 langkah untuk mengaktifkan kekuatan bawah sadar sehingga Anda bisa mendapatkan apa yang benar-benar Anda inginkan dalam kehidupan. Lakukan ini secara teratur dan Anda bakal terkejut melihat hasilnya.

1.     Perjelas apa keinginan Anda. Ini biasanya merupakan persoalan terbesar yang dihadapi seseorang. Kebanyakan orang tidak mengetahui apa yang mereka inginkan dan lantas mereka terkejut sewaktu tidak mendapatkannya.
2.     Tulis tujuan dengan terperinci dan jelas. Tujuan yang tidak dituliskan hanya akan menjadi pengharapan. Tatkala Anda menuliskannya, Anda seperti mengirim sinyal kepada pikiran bawah sadar bahwa Anda benar-benar hendak mewujudkan tujuan ini.
3.     Tulislah tujuan dengan bahasa yang sederhana pada tiga sampai lima kartu indeks dan bawalah selalu sehingga Anda dapat terus membacanya setiap hari atau kapan pun saat ada kesempatan.
4.     Buatlah daftar segala sesuatu yang Anda pikir dapat menggerakkan Anda mewujudkan cita-cita. Bikin catatan yang bisa menggelorakan hasrat dan memperdalam keyakinan Anda bahwa mewujudkan keinginan bukanlah hal mustahil.
5.     Susun daftar tersebut dalam skala prioritas. Apa yang sangat penting dan apa yang kurang penting.
6.     Bulatkan hati untuk menjalankan rencana yang sudah disusun setiap hari. Lakukan sesuatu yang dapat menggerakkan Anda meraih segenap tujuan setiap hari sehingga Anda dapat memelihara momentum.
7.     Visualisasikan tujuan itu secara terus-menerus. Lihatlah seolah-olah hal itu sudah menjadi kenyataan. Kian jelas dan hidup gambaran mental yang dibuat mengenai keinginan, maka semakin cepat keinginan itu terwujud.
8.     Rasakan kenikmatan dan kegembiraan yang bisa didapatkan di saat Anda mampu mewujudkan keinginan. Perasaan gembira, puas, dan nikmat yang muncul ketika keinginan terpenuhi.
9.     Percaya dan memantapkan diri seolah pikiran bawah sadar akan bekerja mewujudkan keinginan Anda. Yakinlah, Anda tengah bergerak terus untuk mewujudkan keinginan, dan keinginan pun tengah menghampiri Anda.
10. Serahkan sepenuhnya seluruh keinginan kepada pikiran bawah sadar. Sewaktu Anda menyerahkan keinginan itu kepada kekuatan alam semesta dan berusaha mewujudkannya, maka Anda akan selalu mengetahui langkah yang tepat untuk bertindak.

Lakukan hari ini, coba kedahsyatan kekuatan milik Anda ini, pikiran bawah sadar ini, untuk mengejar keinginan atau gagasan Anda dan praktekkan terus-menerus sampai Anda berhasil mewujudkan keinginan sendiri. Dengan melakukan hal itu, Anda akan bergerak dari “PIKIRAN POSITIF” orang yang penuh harapan menuju “PENGETAHUAN POSITIF” orang yang benar-benar sukses. (Diterjemahkan dari Brian Tracy, “Tapping Your Subconscious Mind” dalam buku berjudul “Money Magics 24 Ide Gila tentang Uang dan Kesuksesan” halaman 11-18 yang disusun oleh Zulkarnaen Ishak, Penerbit Mantra Books Yogyakarta, 2014).









BAB II
STRES PIKIRAN DAN TUBUH SERTA TEKNIK RELAKSASI PROGRESIF
Dr. Scott W. Donkin & Dr. Gerard Meyer

Mencoba mendefinisikan hubungan antara PIKIRAN dan TUBUH sedikit seperti mencoba mencaritahu mana yang lebih dulu, ayam atau telur. Dan begitu pula bila mencoba mencaritahu apa yang mula-mula menjadi penyebab stres. Paling tidak, dengan stres, kita bisa mulai dengan di mana manifestasi awal stres, dalam PIKIRAN atau TUBUH, dan melanjutkan dari sana dengan mengetahui stres mental bisa mengurangi performa fisik tepat seperti stres fisik bisa menurunkan energi mental.

Menyadari fakta bahwa kita bertanggungjawab kepada yang memberi kita gaji untuk datang ke tempat kerja dalam keadaan bugar dan siap menjalani hari kerja dengan baik, kita harus mempertimbangkan apapun yang kita lakukan di waktu pribadi kita, termasuk makan, minum, dan tidur, akan mempengaruhi performa kita di tempat kerja. Secara timbal balik, kualitas hari kita di tempat kerja akan mempengaruhi kemampuan kita menikmati, bersantai, dan meremajakan tubuh sebelum kembali ke tempat kerja keesokan harinya, dan hari berikutnya, dan berikutnya lagi.

Banyak faktor yang mempengaruhi otak: alkohol, narkoba, kelaparan, kurang tidur, pengobatan, diet yang tidak tepat, dan kehausan, jika harus menyebut beberapa di antaranya. Semuanya berhubungan dengan seberapa baik fungsi tubuh Anda, begitu pula stres, kelelahan, dan postur yang salah. Ini adalah tanda-tanda dan gejala yang harus Anda pelajari untuk dikenali agar dapat membantu PIKIRAN dan TUBUH Anda.

Bila pikiran dan tubuh Anda sehat dan mendapat gizi yang cukup, pekerjaan apapun yang Anda lakukan akan lebih mudah diselesaikan dan berhasil. Bagaimana Anda bisa menjaga PIKIRAN dan TUBUH? Hanya dengan makan makanan yang benar, tidur yang banyak, berolahraga secara teratur, dan mencoba menghindari situasi yang menimbulkan stres, atau paling tidak meminimalkannya melalui salah satu metode yang telah kita bahas di sini.

Saat pikiran Anda belajar bagaimana cara mengenali bahasa tubuh dan merawat kebutuhannya, Anda akan menemukan perjalanan hidup dan kesehatan menjadi sangat membaik. Anda tak dapat sama sekali menghindari stres, sehingga penting untuk mencari alan paling tepat untuk mengatasinya.

Salah satu metode yang sangat efektif dalam melawan stres adalah Teknik Relaksasi Progresif. Relaksasi progresif terdiri atas menegangkan dan merelaksasikan kelompok otot berbeda secara bergantian, sehingga memaksa Anda memfokuskan perhatian pada bagaimana rasanya relaksasi. Inilah langkah-langkah sederhananya:

1.  Duduklah di atas kursi yang nyaman, atau berbaring di lantai dengan telapak kaki menyentuh dinding dan tutuplah mata Anda.
2.  Kepalkan tangan Anda, tahan selama sekitar lima detik dan rasakan ketegangannya.
3.  Bukalah kepalan dan biarkan ketegangan mengalir ke luar, perhatikan betapa berbedanya dengan perasaan relaksasi.
4.  Lakukan hal serupa pada tangan kiri Anda dan otot lengan atas serta bahu.
5.  Tegangkan leher Anda, tahan dan relaksasi, perhatikan perasaan ketegangan yang menjadi relaksasi.
6.  Kerutkan dahi sekuat tenaga, dan relaksasi.
7.  Tersenyumlah sekuat tenaga, dan relaksasi (ingat bagaimana rasanya dan pastikan untuk lebih sering menggunakan otot-otot tersebut daripada otot-otot yang mengerutkan dahi.
8.  Angkatlah jari kaki Anda (atau tekan ke arah dinding), rasakan ketegangan tungkai, dan relaksasi. Perhatikan lagi bagaimana ketegangan mengalir ke luar.
9.  Ambillah nafas dalam, rasakan ketegangan di dadad Anda. Embuskan dan relaksasi. Ambil nafas lagi dan tahan, kemudian embuskan dan berkonsentrasi pada seberapa tenang perasaan Anda.
10.        Bayangkan keadaan yang damai dan menyenangkan, dan nikmati selama beberapa saat.
11.        Kini berhitung pelan-pelan sampai empat dan tutup mata. Anda akan menjadi sangat waspada dan santai.

Melatih teknik relaksasi ini setiap hari pada awalnya bisa menghabiskan waktu 20 menit, tetapi waktu akan memendek saat Anda mulai terbiasa. Jika Anda melakukan latihan ini setiap hari, Anda akan mendapat manfaat, bukan hanya di pekerjaan, tetapi juga dalam kesehatan dan kebugaran Anda secara umum. (Dinukil oleh Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd dari buku berjudul “Total Body Management” karya Dr. Scott W. Donkin dan Dr. Gerard Meyer yang diterbitkan oleh PT BHUANA ILMU  POPULER Kelompok Gramedia, Jakarta, 2005).
















BAB III
LATIHAN PERNAFASAN DENGAN KESADARAN
Jacqueline Young

Vitalitas dimulai dari pernafasan. Di dunia medis Timur, udara dianggap salah satu sumber Ki (Energi Vital). Di dunia medis Barat, cadangan oksigen yang banyak juga dikenal untuk mengisi jaringan dan organ tubuh.

Untuk mencipatakan cadangan Ki (Energi Vital) yang melimpah dalam tubuh harus dikembangkan kebiasaan bernafas yang baik. Langkah pertama adalah menyadari bagaimana Anda bernafas dan bagaimana Anda dipengaruhi oleh berbagai situasi atau orang yang berbeda. Setelah itu, Anda mulai dapat menggunakan berbagai teknik bernafas untuk mengatur peredaran Ki (Energi Vital) di dalam tubuh. Bernafas dengan berbagai kecepatan yang berbeda, dengan menggunakan hidung atau mulut akan mempunyai pengaruh yang berbeda-beda.

Berikut merupakan latihan pernafasan dengan kesadaran sebagaimana yang disajikan oleh Jacqueline Young, yaitu:

1.  Duduk tegaklah di lantai atau kursi dengan posisi yang enak dan rileks. Tutuplah mata dan bernafas normal selama beberapa menit.
2.  Fokuskan perhatian pada pernafasan. Apakah memakai hidung atau mulut? Apakah mengambil dan mengeluarkan nafas itu memakan waktu yang sama dan sama mudahnya atau yang satu lebih sulit dari yang lain? Apakah nafas dan perasaan Anda ada hubungannya?

Sedangkan ketika sedih, nafas akan dangkal, sehingga aliran energi di dalam tubuh dan pikiran menjadi terhenti. Oleh karena itu, dengan latihan teratur, Anda akan menjadi makin sadar terhadap nafas Anda dalam berbagai situasi yang berbeda-beda, sehingga Anda selanjutnya dapat mengubahnya secara sadar untuk memperbaikinya. (Dinukil oleh Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd. dari buku berjudul “Energi Vital” karya Jacqueline Young halaman 18-19, yang diterbitkan oleh Kesaint Blanc, Jakarta, 1999).











BAB IV
TEKNIK MELAKUKAN MEDITASI
Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.

Ada banyak cara atau teknik meditasi yang ditawarkan oleh berbagai pakar. Berikut merupakan cara meditasi yang ditawarkan oleh Jacqueline Young dalam bukunya yang berjudul “Energi Vital”, antara lain yang harus diperhatikan adalah:

1.     Sikap tubuh
Sikap tubuh sangat penting dalam meditasi. Punggung dan leher harus tegak dan rileks agar energi Ki (Energi Vital) dapat mengalir bebas di seluruh meridian, sehingga membuat pusat-pusat energi, cakra, dapat berfungsi secara semestinya. Sikap tubuh yang tepat dapat dilakukan dengan duduk di kursi atau di lantai.
2.     Sikap tubuh di kursi
Pilihlah kursi yang kokoh dengan sandaran yang baik. Ini penting agar telapak kaki Anda dapat rata di lantai dengan mudah. Duduk tegaklah. Gunakan bantalan, apabila perlu. Lutut ditekuk.
3.     Sikap tubuh di lantai
Duduklah di lantai. Kedua kaki lurus di depan Anda. Tekuk kaki kiri. Tumit rapat ke daerah perineum (daerah antara anus dan organ kelamin). Tekuk kaki kanan dan letakkkan telapak kaki di bagian atas pergelangan kaki kiri. Kedua tumit harus segaris. Lutut menyentuh lantai. Untuk mempertahankan posisi tulang belakang yang tepat, gunakan bantalan di belakang Anda sebagai penyangga.
Apabila Anda menggunakan sikap tubuh ini secara teratur, Anda harus menukar posisi kaki dengan berbagai cara sehingga yang ada di atas kadang-kadang kaki kiri dan kadang-kadang kaki kanan. Dengan demikian, peregangan pada kedua kaki menjadi sama dan keseimbangan ruas-ruas tulang belakang bagian bawah pun tetap seimbang. Posisi ini harus mantap dan enak, sehingga Anda langsung dapat mengembangkan meditasi yang dalam.
4.     Posisi tangan
Tangan dapat diletakkan dengan salah satu dari ketiga posisi berikut: (1) Letakkan tangan di pangkuan dengan tangan kanan masuk ke tangan kiri dan kedua ibu jari disatukan; (2) Letakkan telapak tangan di paha; (3) Letakkan tangan di paha dengan telapak tangan menghadap ke atas, sedangkan jari telunjuk dan ibu jari disatukan.
Posisi tangan ini dalam Yoga dikenal sebagai “Mudra”. Masing-masing memiliki arti simbolis yang berbeda.
Posisi pertama, mudra meditasi, memperkuat energi dalam tubuh dan melambangkan keseimbangan.
Posisi kedua, hanyalah posisi rileks. Meskipun demikian, posisi ini juga menekankan hubungan yang lebih besar demi bumi, karena posisi telapak tangan yang menghadap ke bawah.
Posisi ketiga, melambangkan penerimaan kebijaksanaan dari langit, karena posisi telapak tangan yang menghadap ke atas. Juga, menyentuhkan telunjuk dan ibu jari berarti menghubungkan meridian Paru-Paru dan Usus Besar dan sekaligus berfungsi menyatukan energi YIN dan YANG dalam tubuh.
5.     Mata dan mulut
Mata dapat ditutup atau dibuka sedikit, sehingga hanya seberkas sinar yang masuk ke mata. Posisi yang belakangan ini dapat membuat Anda tetap jaga dan tidak tidur selama meditasi.
Pastikan, daerah leher, bahu, dan kerongkongan/ tenggorokan rileks. Ujung lidah harus diangkat sedikit sampai menyentuh bagian belakang langit-langit mulut. Seperti diterangkan sebelumnya, ini dapat menghubungkan garis meridian Saluran Pembuahan yang berakhir di dagu dan garis meridian Saluran Pengatur yang berakhir di bibir atas. Dengan ini, aliran YIN dan YANG di kedua saluran utama dapat disatukan.
6.     Petunjuk umum
Antara lain: (1) Lakukan latihan di ruangan yang tenang dan bagus ventilasinya; (2) Hindari makanan atau minuman pedas/merangsang, seperti kopi, teh, rokok, atau alkohol sebelum meditasi. Apabila Anda bermeditasi secara teratur, maka keinginan itu pun akan berkurang dengan sendirinya; (3) Jangan bermeditasi saat lapar atau sehabis makan. Istirahatlah satu jam sebelum mulai latihan; (4) Sebelum meditasi, lakukan lebih dulu latihan meridian, pernafasan, dan relaksasi; (5) Kenakan pakaian longgar yang enak dan kosongkan kandung kencing sebelum mulai latihan; (6) Lakukan latihan di tempat dan saat yang sama setiap hari.
7.     Memulai latihan meditasi
Langkah pertama latihan meditasi selalu dimulai dengan latihan nafas. Untuk itu, Anda dapat menggunakan teknik mana pun.

Demikianlah salah satu cara meditasi yang dinukil oleh Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd. dari buku yang berjudul “Energi Vital” karya Jacqueline Young, halaman 105-108, yang diterbitkan oleh Kesaint Blanc, Jakarta, 1999. []














BAB V
SENI MENETAPKAN TUJUAN DAN MENGAFIRMASI DIRI
Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.

Artikel ini seratus persen dinukil dari tulisan Zishak K. Naen dalam bukunya yang berjudul “The Power of Frustration”, yakni sebuah buku yang menjelaskan tentang kekuatan dahsyat frustrasi untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam kehidupan. Ucapan terima kasih yang dalam saya sampaikan kepada Zishak K. Naen yang telah memberikan pencerahan bagi saya dalam menetapkan sebuah tujuan demi meraih cita-cita yang selalu kita harapkan kesuksesannya.

Apa yang mesti dilakukan untuk menetapkan tujuan?. Mula-mula kita harus mengetahui benar apa yang kita inginkan dalam hidup ini. Sesuatu yang betul-betul mengilhami kita, sehingga kita tahu bahwa itu “benar” dan “layak”, dan itu sebabnya kita wajib mendapatkannya. Sesuatu yang kita damba-dambakan, tanpa peduli resiko yang bakal kita tanggung. Ia bukanlah sesuatu yang diimpikan atau diharapkan orang lain dari kita, dan bukan pula sesuatu yang harus kita dapatkan melulu untuk menyenangkan atau membahagiakan orang lain, melainkan sesuatu yang benar-benar kita inginkan, yang sungguh-sungguh menyemangati diri kita.

Apapun tujuan kita, itu harus dirumuskan secara jelas dan sederhana, bukan dalam bentuk umum melainkan dalam bentuk khusus, termasuk rincian mengenai waktu, tempat, fakta-fakta, dan orang. Makna tujuan itu harus dikelompokkan secara tepat mengikuti perubahan hidup kita, dan tenggat waktu untuk meraihnya mesti ditentukan pula.

Bagi Sandy MacGregor, sesudah kita tahu apa yang kita mau, ada dua hal penting yang mesti kita perhatikan saat menetapkan tujuan:

1.     Tujuan diungkapkan secara ringkas, positif, dalam bahasa present tense (saat ini) dan menggunakan kata “aku”.
2.     Tujuan itu harus memperhitungkan prinsip SMART:
S – Specific (Spesifik)
M – Measurabe (Dapat diukur)
A – Achievable (Bisa dicapai)
R – Reality based (Berdasarkan kenyataan yang ada)
T – Time based (Ada tenggat waktu)

Adapun masa pencapaian masa tujuan dapat dibagi ke dalam tiga jangka waktu:
Tujuan lima tahun (jangka panjang)
Tujuan satu tahun (jangka menengah)
Tujuan harian/mingguan/bulanan (jangka pendek)

Sebagus apapun tujuan, memang sebaiknya dijabarkan dalam tulisan, supaya bisa dikelola dengan lebih baik. Seperti apa tujuan itu, sependek atau sepanjang apapun jangka waktu yang dibutuhkan, saat kita tuliskan secara terperinci di atas kertas, itu akan membuat kita lebih bersungguh-sungguh. Kita susun sejumlah rencana yang menggambarkan secara lebih padu cara-cara mencapai tujuan, kemudian rencana dijalankan, dan metode-metode yang memuluskan rencana pun diterapkan.

Untuk tahap awal, dan agar mudah dijalankan, yang kita bidik terlebih dahulu ialah tujuan jangka pendek. Karena tujuan jangka pendek inilah yang sebenarnya akan membawa kita melangkah jauh guna mencapai tujuan jangka menengah dan jangka panjang. Dan yang perlu dicamkan, tujuan jangka panjang hendaknya tidak ditentukan secara kaku, supaya bisa disempurnakan terus-menerus mengikuti informasi dan pengalaman tambahan yang kita dapatkan.

Semua tujuan tersebut harus dapat diraih dan realistis, bukan sebatas di awang-awang. Barangkali saat ini tujuan tersebut terasa berada di luar jangkauan, tetapi tidak di luar pandangan!. Pada saat ini kita boleh jadi kesulitan untuk menjangkaunya, namun dalam pandangan kita, masih tetap realistis untuk mencapainya. Tujuan tersebut juga harus merupakan sesuatu yang kita yakini dan anggap benar, serta selaras dengan nilai-nilai kita.

Afirmasi
Apabila proses pencapaian tujuan diawali dengan pernyataan positif dan diungkapkan dalam bentuk present tense (saat ini), maka itulah yang disebut afirmasi. Afirmasi ini selalu menyertakan visualisasi.

Ketika kita mengeluarkan pernyataan positif mengenai tujuan yang hendak kita capai, kita bayangkan diri kita benar-benar telah meraihnya. Secara mental kita menggambarkannya sebagai fakta yang terjadi saat ini; kenyataan yang tengah berlangsung saat ini dan di sini. Kita juga membayangkan beberapa hal yang berkaitan dengan hal itu: Apa yang kita lakukan? Bagaimana lingkungan di sekeliling kita? Apa yang dikatakan orang-orang kepada kita? Bagaimana perasaan kita setelah berhasil mencapainya? Kita harus mencecap keberhasilan itu serta menikmati dan merayakannya. Perasaan dan emosi positif yang dihasilkan oleh visualisasi itu akan bercokol di dalam diri kita dan menyuntikkan energi kepada kita di saat kita bertindak untuk mewujudkan apa-apa yang telah kita bayangkan.

Berikut ini beberapa contoh afirmasi:
v  “Aku bergabung dengan komunitas pembaca buku. Kami berkumpul sekali seminggu untuk membahas buku-buku baru dan menarik, dan di sana aku bertemu dengan orang-orang baru. Kemajuan yang kucapai ini benar-benar baik dan memuaskan”. (tujuan: mendapatkan tujuh teman baru)
v  “Aku rajin olah raga lari sejauh 5 kilometer sebanyak tiga kali seminggu. Aku bergabung dalam komunitas penyuka lari sore. Aku mendapat teman-teman baru sekaligus menjadi lebih sehat”. (tujuan: mendapatkan teman baru sekaligus menjadi sehat dan bugar)
v  “Aku nyaman dengan anggaran belanja untuk makanan, pakaian, dan hiburan. Aku mampu mengatur pengeluaran dan tidak boros”. (tujuan: hidup nyaman dengan anggaran belanja yang teratur)
v  “Aku dan Anrian memahami, mencintai, dan mempercayai satu sama lain. Kami juga rutin melakukan hubungan seks yang menyenangkan”. (tujuan: meningkatkan komunikasi dalam hubungan sehingga kehidupan rumah tangga beserta cinta dan seks berjalan harmonis)

Adapun contoh afirmasi yang ringkas bisa kita lihat pada apa yang disodorkan oleh MacGregor ini:
“Kecepatan membacakau setiap hari semakin cepat”.

Pada kalimat ini, kedua syarat yang harus ada dalam pernyataan afirmasi, yaitu UNGKAPAN POSITIF dan BERLANGSUNG SAAT INI (PRESENT TENSE) benar-benar terpenuhi. Akan sia-sia dan tidak produktif jika kita mengatakan begini:
“Aku sedang meningkatkan kecepatan membacaku yang lambat”

Perhatikan kata “LAMBAT”, yang jelas-jelas menunjukkan pada sesuatu yang negatif, sebuah keadaan yang tidak bagus dan karena itu harus diubah menjadi bagus. Padahal dalam afirmasi, sekali lagi, yang harus digunakan ialah kata atau pernyataan positif.

Dalam afirmasi tidak dibolehkan menggunakan kata “MUNGKIN” atau “SUATU HARI”. Pemakaian kata yang mengandung KEMUNGKINAN serta KETENTUAN WAKTU YANG MENGAMBANG hanya akan memperlambat proses pencapaian tujuan. Karena bisa saja sebenarnya tujuan dapat terwujud lebih awal namun menjadi tertunda gara-gara kita menggunakan kata petunjuk waktu yang longgar. Contoh:

HINDARI MENGATAKAN: “Aku punya mobil baru yang lebih bagus tahun depan”.
TETAPI KATAKAN: “Aku punya mobil yang bagus dan menyenangkan”.

Tatkala kalimat kedua yang kita pakai, pikiran bawah sadar akan bekerja dan mengirimkan kekuatannya kepada pikiran sadar sehingga kita terbantu untuk segera berusaha sekuat tenaga agar bisa membeli mobil baru dan bagus.

Bahkan akan lebih baik lagi jika ditambah unsur waktu. Misalnya, kita yang membuat afirmasi pada tanggal 1 Januari 2015, mengatakan:
Aku punya mobil yang bagus dan menyenagkan paling lambat tanggal 1 Januari 2016”. (Telah diputuskan jangka waktu 12 bulan dengan tambahan “PALING LAMBAT” sehingga ada kemungkinan mobil baru yang bagus dan menyenangkan itu akan bisa dibeli lebih cepat lagi).

Kalimat afirmasi hanya dapat digunakan untuk kepentingan pribadi, dan karena itu tidak bisa dipakai untuk mengubah orang lain. Apabila orang lain hendak mengubah diri mereka, sendiri yang harus melakukan afirmasi. Dan dalam semua afirmasi, alangkah baiknya jika dimulai dengan kata “AKU”, kecuali kalau dilakukan bersama-sama untuk tujuan kelompok maka boleh diganti dengan kata “KAMI”.

Karena kita menggunakan afirmasi untuk mengubah diri kita, maka hasilnya juga akan semakin menguatkan daya kendali kita atas diri kita sendiri, dan alhasil citra diri kita pun bisa dirombak menjadi lebih baik.

Cermat dalam menetapkan tujuan serta menyusun pernyataan positif guna mengafirmasi keinginan untuk mencapai tujuan sudah pasti akan memuluskan rencana dan memudahkan kita membidik kesuksesan.

Demikianlah salah satu seni cara menetapkan tujuan hingga mengafirmasi keinginan untuk mencapai sebuah tujuan yang dinukil oleh Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd. dari buku yang berjudul “The Power of Frustration” karya Zishak K. Naen, halaman 40-46, yang diterbitkan oleh Araska, Yogyakarta, 2015. Mudah-mudahan berawal dari buku tersebut, kita bisa menetapkan tujuan dan mengafirmasi diri untuk segala masalah yang kita hadapi hingga akhirnya kita meraih kesuksesan. []











BAB VI
FAEDAH MEDIS TENTANG MEMAAFKAN
Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.

Artikel ini seratus persen dinukil dari tulisan Zishak K. Naen dalam bukunya yang berjudul “The Power of Frustration”, yakni sebuah buku yang menjelaskan tentang kekuatan dahsyat frustrasi untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam kehidupan. Ucapan terima kasih yang dalam saya sampaikan kepada Zishak K. Naen yang telah memberikan pencerahan bagi saya dalam memaafkan diri saya sendiri dan orang lain. Begitu pula, saya patut berterima kasih kepada para penulis buku-buku sejenis yang pernah saya baca.

Seturut riset mutakhir, sejumlah peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa orang-orang yang sanggup memaafkan orang-orang yang bersalah kepada mereka memiliki jiwa dan raga yang lebih sehat. Orang-orang yang diteliti mengungkapkan bahwa penderitaan mereka berkurang setelah mereka memaafkan orang-orang yang menyakiti mereka. Mereka lebih bahagia dan lebih sehat dibandingkan dengan orang-orang yang berlarut-larut memendam dendam dan amarah.

Amarah, entah berlangsung sesaat ataupun jangka panjang, sudah pasti mempengaruhi suhu badan. Amarah berpengaruh terhadap aliran adrenalin, yang selanjutnya memanaskan tubuh dan menjadikan seseorang sulit berfikir jernih.

Dalam majalah Healing Current Magazine edisi September-Oktober 1996, termuat tulisan “Forgiveness” yang memaparkan bahwa amarah seseorang terhadap orang lain atau suatu peristiwa menyulut emosi negatif dalam diri orang tersebut dan akibatnya merusak keseimbangan emosional bahkan kesehatan jasmani.

Semua penelitian telah menegaskan bahwa amarah merupakan situasi pikiran yang sangat merusak kesehatan manusia. Di sisi lain, memaafkan, kendati terasa berat, mampu memicu rasa bahagia rasa bahagia pada diri seseorang, menghilangkan seluruh dampak merusak yang ditimbulkan oleh kemarahan, dan membantu orang tersebut menikmati hidup yang sehat secara lahir dan batin.

Orang yang belajar memaafkan orang lain dengan tulus merasa lebih baik secara batiniah sekaligus lahiriah. Gejala-gejala kejiwaan dan gangguan pada tubuh semisal sakit punggung akibat stres serta susah tidur dan sakit perut tidak pernah menimpa orang-orang yang pemaaf. Ketika seseorang memaafkan orang lain, fungsi kardiovaskular dan sistem sarafnya menjadi meningkat.

S. Sarinopoulus dari University of Wisconsin, Amerika Serikat, dalam artikelnya “Forgiveness and Physical Heath” mengemukakan bahwa semakin sering orang memaafkan orang lain maka semakin dia berpeluang untuk terhindar dari serangan penyakit. Sebaliknya, semakin enggan orang memberi maaf maka semakin dia rentan terkena banyak penyakit.

Frederic Luskin, Ph.D., dalam bukunya Forgive for Good A Proven Prescription for Healt and Happiness, juga ikut menjelaskan bahwa amarah yang tak diredam menyebabkan dampak-dampak ragawi yang dapat diamati dengan jelas pada diri seseorang. Adapun sikap memaafkan sangatlah baik bagi kesehatan dan kebahagiaan. Sikap memaafkan menyulut ketenangan pikiran, kesabaran, dan percaya diri serta menyalakan harapan dalam diri seseorang sekaligus dapat mengurangi amarah dan penderitaan serta menghalau rasa putus asa dan stres.

Menurut Luskin, sikap pemaaf merupakan sebuah amalan yang bersumber dari ajaran semua agama besar di dunia. Ajaran tentang pentingnya memberi maaf telah dituturkan sejak berabad-abad silam, namun baru dua puluhan tahun belakangan ini banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memberi maaf sangat berperan penting bagi kesehatan umat manusia.

Luskin memaparkan sembilan langkah praktis memberi maaf. Namun dalam artikel ini tidak akan menyebutkan sembilan langkah tersebut. Hanya saja, dalam artikel ini akan menyebutkan beberapa faedah dan manfaat memberi maaf sebagai berikut, antara lain:

1.  Kita memberi maaf orang lain sejatinya demi kebaikan diri kita sendiri. Memberi maaf akan membuat hati kita lapang, dendam lenyap, dan pada akhirnya ketentraman dan kebahagiaan melingkup hidup kita.
2.  Memaafkan orang lain tidak akan pernah membuat kita terlihat lemah dan harga diri melorot. Memaafkan orang lain berarti justru akan membuat orang tersebut menghargai diri kita.
3.  Ketika seseorang telah menyakiti kita, maka kita, alih-alih menghakiminya, perlu membayangkan seandainya kita berada posisi orang tersebut. Langkah ini biasanya akan membuat kita paham mengapa orang tersebut tega membuat kita kesal dan sakit hati. Dan kalaupun kita tidak mampu membayangkannya, maka tidak perlu menghakiminya, mencaci makinya. Bagaimanapun kita semua tak luput dari kesalahan.
4.  Kita perlu mengungkapkan isi hati kita kepada orang yang telah menyinggung perasaan kita itu. Apa saja yang kita suka dari kelakuan dan tutur katanya perlu kita sampaikan kepadanya dengan lemah lembut dan secara empat mata. Ingat, tujuan kita ialah untuk mengoreksi perbuatannya agar dia bisa berintrospeksi.

Demikianlah salah satu pembahasan faedah medis tentang memaafkan diri sendiri dan orang lain yang dinukil oleh Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd. dari buku yang berjudul “The Power of Frustration” karya Zishak K. Naen, halaman 186-191, yang diterbitkan oleh Araska, Yogyakarta, 2015. Mudah-mudahan berawal dari buku tersebut, kita bisa memaafkan kesalahan diri kita sendiri dan orang lain, sehingga akhirnya kita bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan lahir-batin. []





SEKILAS TENTANG
CENTER FOR THE STUDY OF MIND AND SOUL
(C-SMS)

Center for The Study of Mind and Soul (C-SMS) atau yang disebut Pusat Studi Pikiran dan Jiwa merupakan pusat studi yang bergerak menyelidiki, mempelajari dan memberdayakan kekuatan pikiran (power of mind) dan kekuatan jiwa (power of soul) manusia yang didirikan oleh Dr. Arif Muzayin Shofwan, yakni seorang doktor yang banyak mempelajari tentang kedahsyatan pikiran, meditasi, reiki, taichi, sistem energi alam semesta dan semacamnya. Pusat studi ini memiliki tujuan membantu diri sendiri dan orang lain agar dapat menggali potensi diri dari kekuatan pikiran dan jiwa sehingga mampu membawa perubahan ke arah yang lebih positif (berupa kebahagiaan, kekayaan, kesuksesan dan semacamnya) dalam kehidupan.

Visi  
Menjadi pusat studi yang berkontribusi mengembangkan kekuatan pikiran dan jiwa untuk menuju perubahan positif yang membahagiakan.

Misi  
1.     Menggali potensi diri untuk perubahan positif yang lebih membahagiakan dan memperkaya melalui kekuatan pikiran (power of mind).
2.     Menggali potensi diri untuk perubahan positif yang lebih membahagiakan dan memperkaya melalui kekuatan jiwa (power of soul).
3.     Menggali potensi diri untuk perubahan positif yang lebih membahagiakan dan memperkaya dengan menggabungkan kekuatan pikiran (power of mind) dan kekuatan jiwa (power of soul).

Motto        
Jadilah diri Anda sendiri!

Demikian sekilas tentang tujuan, visi, misi, dan motto Center for The Study of Mind and Soul (C-SMS) atau Pusat Studi Pikiran dan Jiwa tersebut diperkenalkan. Akhir kata, segala sesuatu yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil. Sebuah perjalanan yang jauh dimulai dari satu langkah kaki. Semoga setiap pikiran, ucapan, dan perbuatan kita terus menuju ke arah yang positif, membahagiakan, memperkaya dan semacamnya. Direktur Center for The Study of Mind and Soul (C-SMS) DR. ARIF MUZAYIN SHOFWAN, M.Pd. Nomor HP/WA: 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar