Minggu, 03 November 2019

KITAB WIRID ZAINUL ALIYAH


KITAB WIRID
ZAINUL ALIYAH
Berisi tentang ijazah wirid bagi penuntut ilmu dari Mbah Kyai Nur Ali, Mbah Kyai Zainuddin, wasiat Mbah Kyai Maulan, tata cara tawasul di makam, dan doa keselamatan Jawa dari Mbah Wali Papak


Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.



Dikeluarkan oleh:
MAJELIS DISKUSI BALITARA
Blitar Raya – Jawa Timur

 
Judul Buku:
Kitab Wirid Zainul Aliyah
Penulis: Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd.
Penyunting: Doni Indradi


Tim Perumus Balitara:
Mohammad Aditya Saputra
Muhammad Azis Anshori
Yuan Adi Kusuma
Siti Nur Azizah
Doni Indradi
Dkk.

Cetakan Pertama, 2019
Untuk Kalangan Sendiri

Dikeluarkan oleh:
MAJELIS DISKUSI BALITARA
Blitar Raya – Jawa Timur
PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah semata. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabatnya, ahli baitnya dan seluruh umat Islam di dunia.
Ini merupakan buku kecil berjudul “Kitab Wirid Zainul Aliyah” yang berisi tentang ijazah wirid dari Mbah Kyai Nur Ali Kebonsari, Mbah Kyai Zainuddin Sekardangan, wasiat Mbah Kyai Maulan Sekardangan, cara tawasul Syaikh Sibaweh Baghowi Tlogo dan Mbah Kyai Muhammad Makki Bandung-Tlogo, serta doa keselamatan Jawa dari Mbah Wali Papak.
Harapan saya, mudah-mudahan berbagai wirid dan wejangan para guru ageng ini bisa bermanfaat dan barokah bagi kita semua dan dicatat disisi-Nya sebagai ilmu yang bermanfaat yang terus mengalir pahalanya bagi beliau dan pengamalnya.
Wassalam,
Khodim “Majelis Diskusi Balitara” Blitar Raya
Dr. Arif Muzayin Shofwan, M.Pd
BAB I
WIRID BAGI PENUNTUT ILMU

Wirid-wirid bagi para penuntut ilmu (siswa, mahasiswa, santri, mahasantri, dan semacamnya) ini bisa dipilih salah satu atau digabung, antara lain:
1.   WIRID PENUNTUT ILMU 1
Melakukan wirid berikut setiap hari, yaitu: “YA BADI’AS SAMAWATI WAL ARDHI” 77x (Tujuh Puluh Tujuh Kali). Selanjutnya, apabila akan belajar, terlebih dahulu membaca SURAT AL-FIL 1x (Satu Kali). Keterangan: Wirid ini ijazah dari Mbah Kyai Nur Ali Kebonsari, Garum, Blitar.

2.   WIRID PENUNTUT ILMU 2
Setiap hari mewiridkan SURAT AL-FATIKAH sebanyak 41x (Empat Puluh Satu Kali). Bacaan Surat Al-Fatikah ini bisa dihadiahkan kepada para guru-gurunya, ayah-ibunya, dan siapa saja yang berkaitan dengannya. Keterangan: Wirid ini ijazah dari Mbah Kyai Nur Ali Kebonsari, Garum, Blitar.
3.   WIRID PENUNTUT ILMU 3
Ini merupakan “Wirid Hikmah Nabi Ibrahim” yang diamalkan yaitu: “YA MAN ALLAMA IBROHIMAL HIKMATA ALLIMNI”, artinya: “Wahai Dzat yang mengajarkan pada Nabi Ibrahim, ajarilah hikmah (kebijaksanaan) pada saya”. Dibaca setiap hari 100x (Seratus Kali), kemudian ketika hendak ujian dibaca 7x (Tujuh Kali) tanpa nafas. Keterangan: Wirid ini ijazah dari Mbah Kyai Zainuddin Bin Ahmad Dasuqi Sekardangan, Kanigoro, Blitar. Beliau merupakan menantu dari Mbah Kyai Ridwan Karangsono, Kanigoro, Blitar).

4.   WASIAT MBAH KYAI MAULAN
Salah satu guru saya, Mbah Kyai Maulan (seorang ulama ahli ilmu hisab) Sekardangan, Kanigoro, Blitar, berkata kepada saya: “Kalau kamu ingin mendapatkan ilmu-ilmu yang barokah dan bermanfaat di dunia dan akhirat, maka ikutilah petunjuk-petunjuk yang terdapat dalam Kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Az-Zarnuji”. Semoga kita diberi ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat. Amin, amin, amin, Ya Rabbal Alamin. []
BAB II
TATA CARA TAWASUL DI MAKAM

1.    CARA TAWASUL SYAIKH SIBAWEH BAGHOWI
Berikut adalah tata-cara tawasul di makam para Auliya (wali-wali Allah), Ulama, dan lainnya. Yakni, setelah selesai Tahlil Lengkap lalu berkata:
Mbah (................) Panjenengan Suwunaken Dateng Gusti Alloh, Mugi-Mugi Hajat Kulo Meniko (...............) Dipun Ijabahi Dening Gusti Alloh. Al-Fatikah...
Keterangan: Titik-titik pertama tersebut diisi nama waliyullah atau tokoh yang diziarahi. Apabila yang diziarahi Sunan Ampel, maka titik-titiknya diisi Sunan Ampel. Apabila yang diziarahi Sunan Tembayat, maka titik-titiknya diisi Sunan Tembayat. Sedangkan titik-titik kedua diisi apa yang dihajatkannya. Keterangan: cara tawasul ini ijazah dari Mbah Kyai Haji Nasruddin Pondok Pesantren Miftahul Huda Sekardangan, yang beliau peroleh dari Syaikh Sibaweh Baghowi Sang Pendiri Pondok Pesantren Al-Muslihun Tlogo, Kanigoro, Blitar. Syaikh Sibaweh Baghowi (Tlogo, Kanigoro, Blitar) ini merupakan santri dari Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan Madura).
2.    TAWASUL SURAT AL-FATIKAH KHUSUS
Berikut merupakan cara tawasul dengan Surat Al-Fatikah khusus, bisa diamalkan ketika di makam para Waliyullah (Auliya’) ataupun diamalkan ketika melakukan wirid-wirid di rumah.
Alloh Subhanalloh, Lailahaillallohu Allohu Akbar, Ya Alloh, Ruh Jasadipun (.................) Panjenengan Paringi Kawulo Meniko Ilmu Makrifat, Ilmu Sirri Panjenengan, Ingkang Panjenengan Titipaken Dateng (.................) Kadamel Kawulo Ngibadah Lan Makrifat Dumateng Panjenengan. Al-Fatikah... 3x/7x/11x/21x/41x/100x/Sebanyak-Banyaknya.
Keterangan: Tawasul Surat Al-Fatikah Khusus ini ijazah dari Mbah Kyai Muhammad Makki Sang Mursyid Thorikoh Naqsyabandiyah Kholidiyah Bandung, Tlogo, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. []
BAB III
DOA KESELAMATAN JAWA
Doa ini berasal dari Mbah Tugiman Darungan, yang didapatkan dari Pangeran Papak Natapraja (Kyai Ageng R.M. Djojopoernomo atau Mbah Wali Papak) Banyuwangi. Kyai Ageng R.M. Djojopoernomo dulu pernah hidup bersama ayah angkatnya yang bernama Sayyid Bukhori Mukmin/Ki Ageng Ponco di Mbrebesmili Santren, Bedali, Purwokerto, Srengat, Blitar.
Holoumo Bumi Langgeng. Blambangan Kancinge Iman Soko Sucine Makrifat. Tinempuhan Poro Nabi. Tinempuhan Poro Wali. Imane (.....) Iman Slamet. Slameto Kang Nylameti. Slameto Kang Den Slameti. Pinaringono Rejeki. Rejeki Saking Pangeran. Holoumo Dino Loro. Uripe Dino Kelawan Wengi. Wong Kajat Kelawan Niat. Lungguhe (.....) Ono Syaringat. Wisanono Nistiko Wungkulono Wuku Telung Puluh. Jopo Lan Sukmo. Jopone (.....) Ngedohno Poncoboyo. Ngedohno Poncobeka. Pinaringono Panjang Umur. Slamet, Slamet, Slamet Saking Kersane Gusti Alloh”.
Keterangan: (.....) titik-titik diisi nama yang didoakan, bisa diisi “Warga Majelis Diskusi Balitara”, “Warga Dusun Sekardangan”, dan lain-lainnya. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar