Minggu, 03 November 2019

PANDUAN ZIKIR LASKAR WIROGATEN


PANDUAN ZIKIR
LASKAR WIROGATEN
JATIMALANG SENTUL BLITAR


Dikeluarkan dan Diterbitkan Oleh:
MAJELIS ZIKIR SYAIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI
Alamat: Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan Kanigoro Blitar Kode Pos 66171

PENDAHULUAN
Segala puji hanya milik Allah sebagai penguasa alam semata. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, para ahli baitnya, sahabatnya, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia.
Buku berjudul “Panduan Zikir Laskar Wirogaten” ini merupakan catatan yang berisi tentang panduan wirid dan tafakur bagi Keluarga Besar Laskar Wirogaten Jatimalang Sentul Blitar. Tulisan ini juga sedikit menjelaskan tentang sekilas riwayat pengambilan dari nama “Laskar Wirogaten” dan beberapa susunan pengurus dalam komunitas tersebut.
Amalan Keluarga Besar Laskar Wirogaten tak lepas dari pada ajaran Aswaja (Ahli Sunnah Wal Jama’ah). Salah satu ciri khas Aswaja adalah madzhab fikih menganut empat imam, yaitu Imam Syafii, Imam Maliki, Imam Hanafi, dan Imam Hambali. Dalam akidah mengikuti dua madzhab, yaitu Imam Asy’ari dan Imam Maturidi. Dalam tasawuf mengikuti dua madzhab, yaitu Imam Junadi Al-Baghdadi dan Imam Al-Ghazali.
Mudah-mudahan buku panduan zikir ini bermanfaat bagi para pengamal dalam komunitas Keluarga Besar Laskar Wirogaten Jatimalang, Sentul, Blitar. Mudah-mudahan Allah Yang Maha Kuasa selalu memberi pertolongan kepada warga Laskar Wirogaten khususnya dan umumnya kepada kaum muslimin-muslimat di seluruh dunia. Amin Ya Rabbal Alamin.
Penyusun,

Ilham Rofii & Arif Muzayin Shofwan
BAB I
SEKILAS TENTANG LASKAR WIROGATEN

          Sebuah nama “Laskar Wirogaten” berasal dari dua kata, yaitu “Laskar” dan “Wirogaten”. Kata “Laskar” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pasukan, kelompok, serdadu dan lainnya. Sedangkan kata “Wirogaten” diambil dari seorang tokoh agung bernama Eyang Raden Ngabehi Wirogati yang telah menjadi cikal-bakal berdirinya desa Jatimalang (daerah Sentul, Kota Blitar, Jawa Timur).
          Eyang Raden Ngabehi Wirogati hidup pada masa peperangan, pergolakan dan pemberontakan Trunojoyo di Era Mataram Islam. Sebagai seorang ksatria, Eyang Raden Ngabehi Wirogati yang berasal dari wilayah Kraton Mataram Islam Jateng akhirnya sampai di daerah yang beliau namakan Jatimalang. Dinamakan “Jatimalang” sebab dulu ada pohon Jati yang malang melintang di jalan besar desa Jatimalang.
          Dari segi silsilah nasab keturunan, Eyang Raden Ngabehi Wirogati merupakan trah keturunan ke-6 dari Sunan Tembayat (Sayyid Hasan Nawawi Bin Maulana Hamzah Bin Sunan Ampel) yang hidup di daerah Klaten, Jawa Tengah. Sunan Tembayat sendiri juga bergelar Sunan Pandanaran II yang menjadi menantu dari Sunan Pandanaran I Bin Brawijaya V Semarang. Adapun silsilah nasab Eyang Raden Ngabehi Wirogati adalah:
1.    Sunan Tembayat (Sunan Pandanaran II), berputra;
2.    Eyang Raden Ishaq Panembahan Jiwo, berputra;
3.    Panembahan Minangkabul Ing Tembayat, berputra;
4.    Panembahan Masjid Wetan Ing Tembayat, berputra;
5.    Eyang Raden Ayu Wongsodipo (istri Adipati Mertopuro Jepara, berputra;
6.    Eyang Raden Ngabehi Wirogati (Sang Cikal Bakal Desa Jatimalang, Sentul, Blitar).
Di Jatimalang inilah, Eyang Raden Ngabehi Wirogati beranak pinak hingga 99% masyarakat Jatimalang masih keturunan dari Eyang Raden Ngabehi Wirogati tersebut. Sehingga nama “Eyang Raden Ngabehi Wirogati” diabadikan dengan “Wirogaten” sebagai nama sebuah komunitas (keluarga besar) untuk menimba ilmu spiritual batin. Yakni, ilmu spiritual untuk mendekatkan pada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Keluarga Besar “Laskar Wirogaten” didirikan oleh Ilham Rofii yang biasa dipanggil “Gus Ilham” atau “Mas Ilham”. Sementara pembuat logo atau simbol Laskar Wirogaten adalah Rusdiyanto (Mas Sirus atau Kang Sirus) dari Solo, Jawa Tengah. Hingga dari awal didirikannya, tercatat susunan pengurus Laskar Wirogaten secara kultural sebagaimana berikut:
Pemangku     : Ilham Rofii
Wakil            : Junaidi
Sekretaris     : Arif Muzayin Shofwan
Bendahara    : Putu Ari Sudana (Alm.)
Demikianlah sekilas tentang riwayat nama “Laskar Wirogaten” yang diambil dari nama Eyang Raden Ngabehi Wirogati Sang Cikal Bakal Desa Jatimalang. Kemudian setelah wafat, Eyang Raden Ngabehi Wirogati dimakamkan di areal makam “Eyang Raden Imam Suwongso” Bendogerit, Kota Blitar. Semoga amal-amal kebajikan beliau diterima Allah dan diampuni segala dosa-dosanya. Amin Ya Rabbal Alamin. []
BAB II
ZIKIR HARIAN LASKAR WIROGATEN

Inti dari Zikir Laskar Wirogaten hanya ada tiga hal, yaitu: (1) Istighfar, (2) Syahadat, dan (3) Shalawat Jibril. Zikir harian ini dilakukan setelah selesai shalat fardhu/shalat maktubah.
PEMBUKA
1.    Astaghfirullahal Adzim 3x
2.    Asyhadu Alla Ilahaillalloh Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rosululloh 3x
3.    Allohumma Sholli Ala Sayyidina Muhammadin Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad 3x
HADIAH FATIKAH
1.    Ila Hadroti Nabiyyil Musthofa Muhammadin Shollallohu Alaihi Wa Sallam Wa Alihi Wa As’habihi. Al-Fatikah... 1x
2.    Ila Hadroti Jami’il Malaikatil Muqarrobin, Khususon Sayyidina Jibril, Mika’il, Isro’il, Izro’il. Al-Fatikah... 1x
3.    Ila Hadroti Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Ali, Sayyidina Ustman. Al-Fatikah... 1x
4.    Ila Hadroti Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, Syaikh Muhammad Baha’uddin An-Naqsyabandi, Syaikh Abil Hasan As-Syadzili, Syaikh Abdullah As-Sathori, Syaikh Al-Habib Abdillah Bin Alwi Al-Haddad. Al-Fatikah... 1x
5.    Ila Hadroti Jami’il Auliya Tis’ah (Walisongo) Wa Ushulihim Wa Furu’ihim. Lahumul Fatikah... 1x
6.    Ila Hadroti Sunan Tembayat/Sayyid Hasan Nawawi Wa Ushulihi Wa Furu’ihi. Lahumul Fatikah... 1x
7.    Ila Hadroti Sedoyo Ingkang Cikal-Bakal Desa Jatimalang Sentul Blitar, khususon Eyang Raden Ngabehi Wirogati. Lahumul-Fatikah... 1x
8.    Ila Hadroti Man Ajazani Lan Sedoyo Warga Laskar Wirogaten Minal Awal Ila Akhir. Lahumul-Fatikah... 1x
9.    Ila Hadroti... (Bisa ditambah siapa-siapa saja yang dikehendaki: Ayah, Ibu, Saudara, Guru, dan lainnya).
AMALAN INTI
Bacalah Shalawat Jibril berikut: “Shallalloh Ala Muhammad” Artinya: “Semoga Allah melimpahkan kasih sayang-Nya kepada Nabi Muhammad SAW”, sebanyak 313 x (Tiga Ratus Tiga Belas Kali) setiap setelah selesai shalat fardhu atau shalat maktubah.
DOA PENUTUP
Memohon atau berdoa kepada Alloh yang baik-baik, seperti: lancar rejeki, sukses menuntut ilmu, hidup bahagia lahir dan batin, ayem tentrem, sehat wal afiat, panjang umur, perlindungan dari Allah, selamat dunia akhirat dan lain sebagainya.
KETERANGAN
Apabila mempunyai waktu senggang, Shalawat Jibril “Shallaloh Ala Muhammad” tersebut dibaca sebanyak 1001 x (Seribu Satu Kali) setelah shalat Subuh dan setelah shalat Maghrib. []
BAB III
TEKNIK TAFAKUR/MEDITASI LASKAR WIROGATEN

          Dalam bahasa Arab disebut “Tafakur” artinya merenung, sedangkan dalam dunia modern dikenal dengan istilah “Meditasi” artinya merenung. Tindakan merenung (tafakur) merupakan proses seseorang dalam berkonsentrasi pada obyek-obyek tertentu. Keluarga Besar Laskar Wirogaten memperkenalkan dua macam teknik tafakur atau meditasi sebagaimana berikut. Namun, sebelum melakukan meditasi diawali dengan “Zikir Pembuka Laskar Wirogaten” yaitu:
1.    Astaghfirullahal Adzim 3x
2.    Asyhadu Alla Ilahaillalloh Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rosululloh 3x
3.    Allohumma Sholli Ala Sayyidina Muhammadin Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad 3x
Bisa pula ditambah dengan “Hadiah Fatikah” sebagaimana di atas, kemudian dilakukan teknik meditasi berikut:
1.   MEDITASI KASAR
Meditasi ini digunakan untuk menyusun kekuatan atau menyusun energi untuk menaggulangi serangan makhluk halus, seperti: jin, syetan, kuntilanak, gedrewo, pocong dan lain sebagainya. Caranya adalah dengan rumus 7 – 5 – 5 sebagaimana berikut:
1.    Menghirup nafas dengan sekuat-kuatnya, dipusatkan pada perut sambil menggenggam sekuat-kuatnya, dan ditahan dengan hitungan 7 x (Tujuh Kali).
2.    Nafas ditarik ke rongga dada, dan ditahan dengan hitungan 5 x (Lima Kali).
3.    Nafas dikembalikan pada perut, dan ditahan dengan hitungan 5 x (Lima Kali).
4.    Nafas dikeluarkan atau dihembuskan melalui mulut sekuat-kuatnya, sambil membuka genggaman kedua tangan.
Meditasi kasar dengan fokus pada hitungan pernafasan ini dilakukan secara berulang-ulang.
2.   MEDITASI HALUS

Meditasi halus ini digunakan untuk menata hati dan pikiran agar tetap fokus pada tujuan beribadah dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Caranya adalah dilakukan serileks mungkin sambil mengucap dalam batin Shalawat Jibril “Shallalloh Ala Muhammad” dipusatkan pada RASA SEJATI/HATI SANUBARI.

TENTANG PENYUSUN
Ilham Rofii adalah seorang pria kelahiran Blitar Jawa Timur dan tercatat sebagai keturunan Eyang Raden Ngabehi Wirogati Cikal Bakal Jatimalang, Sentul, Kota Blitar. Dia merupakan Pendiri dan Pemangku Keluarga Besar Laskar Wirogaten, Jatimalang, Sentul, Kota Blitar. Kontak HP/WA: 085331404971.
Arif Muzayin Shofwan adalah seorang pria kelahiran Blitar Jawa Timur dan tercatat sebagai keturunan Eyang Raden Muhammad Kasiman Cikal Bakal Masjid Agung Kota Blitar. Dia merupakan Pemangku Majelis Zikir Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani Sekardangan, Kanigoro, Blitar. Kontak HP/WA: 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar